Saturday, March 14, 2015

Wisata kuliner jogja yang menjadi pilihan tempat makan enak

Wisata kuliner jogja sangat beragam macamnya. Bagi pecinta makan, destinasi tempat makan akan menjadi pilihan utama saat melakukan traveling.  Berbagai menu sajian makanan dapat anda temukan saat anda melakukan traveling ke Jogja. Dari makanan tradisional hingga masakan manca ala Barat dapat anda temukan di Jogja. Bila kita mengingat akan kota Jogja, maka kita akan melihat bahwa kota yang terdapat di Pulau Jawa ini merupakan kota yang sangat eksentrik dan juga penuh kenangan. Bila anda berlibur ke Jogja tentu akan banyak momen yang bisa anda abadikan untuk dijadikan kenangan. Dan tanpa belum lengkap pula bila acara liburan anda ke Jogja tanpa melakukan wisata kuliner. Berikut ini ada 10 wisata kuliner jogja yang bisa anda jadikan referensi untuk mengisi perut anda saat berlibur di kota Jogja ini.


Gudeg
Sumber: Google

Mencari kuliner gudeg, Jogja lah tempatnya. Semua tempat wisata kuliner yang menyajikan menu gudeg hampir dipastikan memiliki rasa yang enak. Belum lengkap bila berkunjung ke Jogja jika belum mencicip menu khas Jogja ini. Di Jogja sangat sulit bila anda ingin menemukan tempat kuliner yang enak dengan sajian menu khas Jogja ini. Karena memang masakan ini merupakan makanan khas dari kota Jogja. Ada tiga jenis gudeg yang bisa anda ketahui, yaitu gudeg basah, merupakan gudeg dengan kuah santan yang nyemek rasanya gurih. Gudeg kering merupakan gudeg yang dimasak dengan waktu yang lama hingga warnanya berubah kecoklatan hingga mengering. Dan selanjutnya adalah gudeg manggar, yang merupakan gudeg yang terbuat dari bunga kelapa. Untuk jenis yang terakhir ini memang sulit untuk ditemukan. Nah, bagi anda yang ingin menikmati sajian kuliner gudeg ini, ada satu tempat yang kami rekomendasikan yaitu gudeg pawon yang buka tiap tengah malam.

Angkringan
Sumber: Google
Salah satu wisata kuliner jogja yang bisa anda jadikan pilihan berkuliner di Jogja adalah angkringan. Banyak sekali angkringan yang terdapat dan tersebar di seluruh wilayah Jogja. Salah satu yang paling terkenal adalah angkringan Lik Man. Angkringan ini bermula dari seorang yang bernama Mbah Pairo, seorang pendatang dari Cawas, Klaten di tahun 1950-an. Di Jogja inilah Mbah Pairo membuka usaha kuliner angkringan yang selanjutnya diteruskan oleh putranya, Lik Man di tahun 1969. Menu andalannya adalah nasi kucing, yaitu nasi putih polos yang diberi oseng tempe, oseng teri, atau sambel serta dibungkus dengan daun pisang. Tersedia juga berbagai macam sate seperti sate usus, sate telur puyuh, sate kerang, sate jamur, sate ayam dan berbagai gorengan. Minumannya yang sangat terkenal adalah kopi joss, yaitu kopi panas yang dicelupkan arang panas yang masih membara.

Sate klathak Pak Pong
Sumber: Google
Para penggemar sate yang sedang berada di Jogja wajib mencicipi sate klathak Pak Pong. Sate klathak sedikit berbeda dengan sate umumnya. Daging kambing yang dipotong kecil-kecil ditusuk dengan menggunakan jerusi besi sepeda. Jeruji besi ini menjadi penghantar panas yang baik sehingga daging matang hingga ke dalam. Bumbunya pun bukan menggunakan kecap seperti sate kambing umumnya. Bumbu yang dipakai hanyalah garam dengan sedikit ketumbar. Rasanya akan lebih nikmat lagi saat Anda menyantapnya bersama nasi putih yang telah disiram kuah gulai. Para penggemar pedas tinggal menambahkan irisan cabe rawit segar. Warung Sate Klathak Pak Pong berada di Jalan Imogiri Timur, Bantul, Yogyakarta.

Bagaimana dengan pilihan wisata kuliner jogja di atas? Sudahkah menjadi referensi untuk berkuliner di Jogja? Tentunya dari ketiga tempat tersebut masih ada beberapa yang harus anda kunjungi untuk memanjakan perut anda.

No comments:

Kedung Pedut & Kebun Teh Samigaluh

  Video by Adib Aunillah Fasya