Thursday, March 12, 2015

Tempat wisata Jogja yang Terkenal

Tempat wisata jogja yang terkenal sangat banyak ditemukan. Kota Yogyakarta merupakan suatu daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Dengan menjadi daerah istimewa, Kota Yogyakarta memiliki berbagai potensi wisata yang menarik untuk digali. Dengan memiliki slogan Never Ending Asia, Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang sangat potensial di Indonesia. Tidak kalah dengan daerah yang lain, misalnya seperti Bali, Yogyakarta memiliki berbagai pilihan tempat wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan budayanya yang masih melekat, baik masyarakatnya merupakan salah satu daya tarik yang mampu menyedot wisatawan untuk selalu mengunjungi Yogyakarta sebagai tempat tujuan wisata yang utama.

Kota Yogyakarta sebenarnya masih berada di daerah Provinsi Jawa Tengah. Karena diberikan status keistimewaan, maka Kota Yogyakarta berkedudukan setara dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia yang sekarang berjumlah 33 provinsi. Ada banyak yang menarik yang dapat dikunjungi untuk tujuan wisata Anda. Kota Yogyakarta memiliki berbagai peninggalan sejarah di masa lampu dari Kerajaan Mataram Kuno dan Mataram Islam, hingga peninggalan-peninggalan sejarah ketika masa paska perang kemerdekaan yang terkenal dengan Serangan Umum 1 Maret nya. Selain itu, peninggalan-peninggalan berupa candi juga banyak terdapat di daerah Yogyakarta, karena situs tersebut merupakan peninggalan langsung dari masa Kerajaan Mataram Kuno yang terkenal dengan Dinasti Syailendra dan juga Dinasti Sanjaya.
Selain di Mataram Kuno, Yogyakarta juga telah memberikan peninggalan Kerajaan Mataram Islam, yang hingga saat ini masih eksis yakni Kasultanan Yogyakarta, di mana Sultan Hamengku Buwono X saat ini menjadi kepala daerah Istimewa Yogyakarta dan satunya yaitu Keraton Pakualaman Yogyakarta yang sampai sekarang masih eksis berada di tengah-tengah masyarakat yang modern. Namun begitu, ternyata tidak melunturkan tradisi dari peninggalan masa lalu, sehingga hal ini yang membuat daya tarik tersendiri bagi pariwisata Yogyakarta. Di samping tempat-tempat wisata yang bernuansa sejarah, di Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki tempat tujuan wisata yang akan memanjakan Anda untuk yang gemar berbelanja.
Adapun tempat wisata Jogja yang memanjakan Anda yang gemar traveliing di antaranya :
Malioboro

Salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang sangat populer yakni Malioboro. Malioboro merupakan sebuah kawasan untuk belanja yang jaraknya membentang di sepanjang jalan utama di Yogyakarta. Di sepanjang jalan tersebut terdapat banyak sekali pedagang kaki lima, yang rata-rata menjual pakaian, kerajinan khas Yogyakarta, batik, serta beberapa kedai makan dan minum yang tentunya memanjakan Anda yang gemar travelling. Bila Anda berkunjung di malam hari, Anda akan semakin terhibur dengan adanya beberapa seniman jalanan yang akan menemani wisata Anda di malam hari. Mereka para seniman tersebut tidak hanya bernyanyi, ada yang melukis, melakukan performing art baik itu pantomim atau aksi teatrikal lainnya. Sehingga malam Anda di Yogyakarta tidak akan terasa sepi dengan hiburan yang disajikan mereka para seniman jalanan tersebut.
Keraton Jogjakarta
 Inilah salah satu daya tarik utama pariwisata Yogyakarta. Eksistensi keraton Yogyakarta memang tidak dipungkiri lagi, karena selain penjaga warisan leluhur, di keraton inilah hingga saat ini pusat pemerintah daerah istimewa Yogkarta dilaksanakan. Anda dan para wisatawan yang tertarik dengan keraton Yogyakarta dapat menjadikannya sebagai tempat tujuan wisata Anda. Di sini Anda bisa berkunjung ke museumnya, atau perpustakannya yang menyimpan berbagai koleksi peninggalan para pendirinya.
Taman sari
Taman sari merupakan sebuah kawasan peninggalan kerajaan Mataram yang dulu berfungsi sebagai taman kebun dan tempat pemandian untuk para putri raja beserta kerabatnya. Dibangun di masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I yang berlangsung antara tahun 1758 -1765. Taman ini memiliki julukan sebagai The Fragfrant Garden. Memiliki luas 10 hektar di awal pendiriannya dahulu. Di dalam taman sari tersebut setidaknya terdapat 57 buah bangunan, yang diantaranya gedung-gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan, pulau buatan, dan juga lorong bawah air. Sangat menakjubkan sekali bukan? Dan tentu saja keberadaan Taman Sari merupakan salah satu tempat tujuan wisata Yogyakarta yang memang sayang untuk Anda lewatkan.
Demikianlah beberapa tempat wisata jogja yang sangat terkenal dan wajib Anda kunjungi bila Anda melakukan travelling ke Yogyakarta. Tentu saja tidak hanya itu saja tempat-tempat wisata di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi, karena di sini masih ada beberapa tempat wisata yang belum tereksplor. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menikmati kegiatan travelling Anda.

No comments:

Kedung Pedut & Kebun Teh Samigaluh

  Video by Adib Aunillah Fasya