Tuesday, March 10, 2015

3 Tempat pilihan wisata sejarah Jogja

Wisata sejarah jogja merupakan alternatif yang bisa anda lakukan saat berlibur ke Jogja. Sudah diketahui bersama bahwa, Jogjakarta merupakan kota yang menyimpan banyak sejarah dan peninggalan sejarah yang tersebar di seantero Jogjakarta. Jogjakarta sebagai kota tujuan wisata merupakan yang paling terkenal di Jogja. Wisata alamnya yang sangat populer juga tidak ketinggalan wisata sejarah yang terdapat di dalamnya. Pilihan wisata sejarah akan menjadi hal yang menarik untuk merebut jumlah wisatawan.  Dengan demikian sumber pendapatan akan menjadi meningkat dari banyaknya destinasi wisata sejarah yang berada di Jogjakarta. Apa saja tempat-tempat wisata yang menyimpan banyak sejarah tersebut di Jogja?


Kraton Yogyakarta
 
Salah satu tempat wisata sejarah jogja yang bisa anda jadikan pilihan berlibur anda yaitu Kraton Yogyakarta. Kraton Jogja merupakan tempat tinggal dari Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta keluarganya. Selain menjadi tempat tinggal, kraton merupakan suatu sarana untuk melestarikan budaya Jawa yang saat ini tengah memudar akibat penetrasi budaya modern yang tidak bisa kita hindari. Saat  anda berkunjung ke kraton jogja, anda bisa berkeliling ke seluruh kraton. Anda bisa menyaksikan para abdi dalem dalam menjalankan tugasnya. Barang-barang koleksi yang dipamerkan bisa anda lihat. Benda-benda sejarah tersebut dipajang di kotak kaca dan banyak terdapat di dalam ruangannya. Selain itu, anda bisa juga menyaksikan pertunjukan seni daerah seperti wayang orang, wayang kulit, dan juga tari-tarian. Jika anda mengunjungi tempat ini, sempatkan diri ke Alun-Alun Kidul di belakang Kraton. Di sini kamu bisa mencoba permainan masangin atau ‘masuk dua beringin’. Di Alun-Alun Kidul ini memang terdapat dua beringin besar yang sarat nuansa mistis. Aturan permainannya sederhana: tutup mata anda dan berjalan lurus sekitar 20 meter dari depan Sasono Hinggil untuk melewati dua pohon beringin yang berdiri di tengah alun-alun. Banyak orang berusaha keras berjalan lurus melewati kedua pohon tersebut namun akhirnya berbelok ke arah lain. Konon, hanya orang berhati bersih yang bisa melewati kedua beringin tersebut.

Taman sari

Taman sari sebelumnya merupakan taman atau kebun istana Kraton Yogyakarta. Jaraknya  sekitar 15 menit dengan jalan kaki dari Kraton. Taman Sari ini telah dikenal sebagai tempat pemandiannya yang terdiri dari tiga kolam yaitu Umbul Kawitan (kolam untuk putra-putri Raja), Umbul Pamuncar (kolam untuk para selir), dan Umbul Panguras (kolam untuk Raja). Istana ini juga dikelilingi oleh danau buatan dan taman bunga indah yang ditanam di sekitarnya. Arsitektur istana yang masih megah juga tentunya sangat menyenangkan untuk dinikmati. Bukan hanya pemandian, anda juga bisa melihat sejumlah ruangan menarik seperti show room lukisan batik, masjid bundar yang berada di bawah tanah hingga penginapan raja. 

      Benteng Vredeburg



Benteng Vredeburg ini dibangun di masa pemerintahan Belanda pada tahun 1765 yang letaknya tepat di depan Kraton Yogya. Tujuan dari pembangunan benteng ini sebenarnya sebagai tempat bertahan jika terjadi serangan dari masyarakat Yogya. Namun, Belanda berdalih bahwa benteng tersebut dimaksudkan untuk menjaga keamanan Keraton Yogya agar mendapat izin untuk membangun. Kini, benteng tersebut telah dialihfungsikan sebagai museum yang memajang koleksi diorama perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaan berikut foto-foto, lukisan, dan benda bersejarah lainnya. Arsitektur bangunan tetap dipertahankan dan telah dipugar untuk melestarikan saksi bisu perjuangan di masa penjajahan Belanda ini.

Demikianlah ketiga tempat wisata jogja yang bisa anda jadikan alternatif berlibur anda. Dengan melakukan perjalanan wisata sejarah ini, anda akan semakin kaya wawasan dan pengetahuan yang bertambah. Anda bisa mencari tahu dengan menanyakan langsung kepada pemandunya.

No comments:

Kedung Pedut & Kebun Teh Samigaluh

  Video by Adib Aunillah Fasya