Wednesday, February 11, 2015

9 Langkah Ini Bisa Buat Kamu Keliling ASEAN




Untuk member Backpacker Dunia yang baru bergabung, terutama yang belum pernah ke luar Indonesia, di bawah ini saya tuliskan langkah-langkah yang harus diambil untuk memulai perjalanan perdana anda ke LN:


1. Membuat paspor - siapkan paspor.

Paspor bisa dibuat di semua kantor imigrasi di Indonesia. KTP anda Tangerang bisa bikin paspor di Bogor. KTP anda Madiun, juga bisa bikin paspor di imigrasi Pekalongan. Tidak masalah dimana pun anda berada, silahkan langsung datang ke kantor imigrasi, bawa foto kopi KTP, Kartu Keluarga, surat keterangan dari kantor (untuk bikin paspor--bisa juga tidak perlu bawa surat ini), foto kopi dan asli Akte Kelahiran karena nama di paspor harus sesuai dengan nama di dalam Akte Kelahiran. Biaya pengurusan paspor 48halaman sekarang menjadi Rp 300.000 ditambah tes biometric Rp 55.000, jadi total Rp 355.000 plus administrasi BNI Rp 5.000. Itu tanpa bantuan calo, kira-kira 4 hari jadi dan umumnya anda datang 2-3 kali untuk pengurusan paspor tersebut. Kalo e-paspor (eletronik paspor harganya sekitar Rp 600.000).


2. Siapkan hari libur. Jika mau semua rute negara yang bisa dimasuki tanpa visa akan dilalui: Singapura-Malaysia-Thailand-Cambodia-Vietnam, maka siapkan waktu libur 1--1,5 bulan, juga tabungan yang cukup.Sharing pengalaman bbrp teman:



* Arip Hidayat (usia 21 tahun) bulan Januari-Februari 2012 jalan ke Singapore-Malaysia-Thailand-Laos-Vietnam selama 21 hari total pengeluaran Rp 4,7 juta (sudah termasuk tiket pesawat 3 kali terbang Rp 1,3 juta). Kemudian, untuk kedua kalinya di bulan Juni-Juli 2012 Arip kembali backpacking sendirian (solo) ke Vietnam masuk melalui Ho Chi Minh City-Cambodia-Thailand-Cambodia-Vietnam selama 21 hari dengan biaya sekitar Rp 5 jutaan.


* Efrata Tampubolon tahun 2009 melakukan perjalanan ke Singapore-Malaysia-Thailand-Vietnam 35 hari sendirian dengan total pengeluaran Rp 5,5 juta.


* Satrio Arif Wicaksono yang juga sendirian backpacking pertama kali ke luar negeri langsung jalan ke Singapore-Malaysia-Thailand-Cambodia-Vietnam.


* Fakhril Maulana Habibi dari Malang juga sejak awal kuliah sudah beberapa kali ke LN: Asia Tenggara, lalu ke Macau-Hongkong-Shenzhen. Cerita komplet Fakhril bisa dibaca di https://www.facebook.com/groups/128092889677/permalink/10152041841979678/


* Adi Ankafia mahasiswa IPB ke Vietnam-Cambodia-Thailand-Malaysia dan Singapore 12 hari total pengeluaran Rp 2 juta, sudah termasuk tiket pesawat Jakarta-HCMC (Vietnam) dan Singapore-Jakarta.



Contoh di atas adalah perkiraan berapa biaya yang dikeluarkan jika anda berhemat. Karena berapa besar pengeluaran sangat bergantung pada cara kita menghabiskan/membelanjakan uang kita. Masing-masing orang akan berbeda pengeluarannya.


3. sering-sering melihat/mengecek harga tiket pesawat murah di:

www.airasia.com

www.tigerairways.com

www.jetstar.com

www.lionair.com

www.cebupacificair.com

Anda bisa membeli tiket Air Asia dari Jakarta-Singapore dan pulang dari Ho Chi Minh City (Vietnam) ke Jakarta. Coba disimulasikan saja track dari penerbangan2 murah itu. Jika anda beruntung sedang ada promo, kadang-kadang tiket pulang pergi tidak lebih dari Rp 1 juta, bahkan kurang.




4. mulai mencari info soal penginapan murah di www.hostelbookers.com atau www.hostelworld.com

Yang murah umumnya kamar-kamar dormitory, sekamar beramai-ramai, bisa ber-6 sampai ber-10 orang dalam satu kamar. Kita bayar per bed/malam. Jika menginap di dormitory room, sebaiknya saat tidur, barang-barang berharga--gadget dll disimpan dalam deposit box. Biasanya kita diminta uang jaminan untuk deposit box, dan uangnya akan dikembalikan saat kita check out dari hostel tersebut.


5. Jika ingin menginap gratis di rumah penduduk local, silahkan bergabung dengan Couchsurfing (CS) di www.couchsurfing.org sign up sebagai member gratis (jika ada permintaan verifikasi dan meminta anda menyumbang dana $US 10, SKIP/lewati saja halaman tersebut karena pada dasarnya menjadi member CS itu gratis.


Jika anda sudah bergabung menjadi member CS, artinya anda juga menyiapkan diri anda untuk berteman dengan backpacker lain dari berbagai negara. Anda bisa membuka kamar gratis bagi mereka, demikian sebaliknya anda pun bisa menginap gratis di rumah 3 juta member CS di 241 negara di dunia ini. Ikuti saja beberapa komunitas di site CS tersebut, misalnya seperti saya, karena saya ingin ke Rusia, maka saya join di group/komunitas Rusia (Moscow, StPetersburg) sehingga saya tahu apa isu yang sedang didiskusikan di group CS di kota-kota itu, sekalian mengenal backpacker lokal yang tinggal di kota-kota tersebut.


6. Tetapkan rute/track yang efisien, supaya tidak bolak balik ke kota yang sama karena akan membuat dana/pengeluaran membengkak dan waktu juga terbuang.

Ini contoh rute/track:


Punya waktu 1-1,5 bulan:

* Jakarta (atau kota lain di Indonesia)-Singapore-Malacca-Kuala Lumpur-Penang-Hatyai-Phuket-Bangkok-Siem Reap-Phnom Pehn-Ho Chi Minh City-Jakarta.

* Jakarta-Singapore-Malacca-Kuala Lumpur-Penang-Hatyai-Phuket-Bangkok-Chiang Mai-ChiangRai-3 days boat to Luang Prabang-Hanoi-Kuala Lumpur (terbang dengan Air Asia)-Jakarta


Punya waktu 2 minggu:

* Jakarta-Bangkok-Siem Reap-Phnom Pehn-Ho Chi Minh City-Jakarta (atau sebaliknya, tiket Air Asianya murah mana?)

* Jakarta-Singapore-Malacca-Kuala Lumpur-Penang-Hatyai-Phuket-Bangkok-Jakarta (atau sebaliknya dari Bangkok ke Singapore tergantung tiket murah yang anda dapatkan)


Punya waktu 1 minggu:

Sebaiknya ke dua negara saja, misal:

Singapore-Malaysia

Malaysia-Thailand

Thailand-Cambodia

Cambodia-Vietnam


7. Jika semua sudah siap, packing backpack anda dengan ringkas, jangan terlalu berat karena kita akan selalu bergerak dari kota ke kota, dari satu negara ke negara yang lain. jika backpack berat maka akan memperberat langkah kita. Sejak beberapa tahun lalu saya selalu mendisiplinkan diri membawa backpack/ransel tidak lebih dari 7 kg (bagasi kabin gratis dari Air Asia dan Tiger Airways ukurannya 7 kg). Mau pergi keliling Eropa 18 hari atau keliling Vietnam 21 hari, keliling Australia 21 hari, bahkan ke bangkok doang sabtu-minggu, backpack saya sama = beratnya 7 kg saja.


Contoh LIST isi backpack 7 kg bahkan bisa utk 3 minggu: jeans 1-2 lembar, celana pendek 1-2 lembar, rok bahan tipis 1-2 lembar, 6-7 kaus bisa dipake 2-3 kali (untuk asia tenggara laundry sangat murah, laundry pagi di hostel, sore dah jadi--intinya seringan mungkin bawaan, jangan menyiksa diri), obat-obatan pribadi, pakaian dalam CD beli yang dispossible sekali pakai buang (bisa dibeli di hero/giant), perlengkapan make up (kalo cewek: beli pelembab/hand body di botol kecil kurang dari 100 ml, bedak dll), perlengkapan mandi ukuran compact. Ditambah 1 tas slempang isinya: tiket/hp/kamera/paspor/dompet harus nempel terus di badan.



8. Hati-hati dalam perjalanan, selalu waspada, jangan lengah. Minggu lalu ada teman yang tiba di bandara New Delhi - India malam hari dan berusaha mencapai area backpacker, tapi malah hendak "dijebak/scammed" orang-orang lokal. Begitu pula minggu lalu ada kawan yang di Seoul - Korea Selatan kehilangan Samsung Note-nya karena tertidur lelap. Jadi sebaiknya kita selalu waspada dalam perjalanan, juga dengan barang-barang bawaan kita.



9. Semua negara-negara yang saya sebut di atas tidak memerlukan VISA untuk WNI. Begitu turun pesawat, isi formulir imigrasi lengkap (termasuk alamat hostel --ambil aja alamat hostel dari www.hostelbookers.com karena kalau dikosongin malah akan ditanya-tanya petugas imigrasi, terutama di Singapore), tinggal antri stempel, lolos deh anda keluar airport negara tersebut. Silahkan memulai petualangan berkeliling Asia Tenggara.

Tambahan:

Karena banyak member BD baru/pemula,

Info ini untuk membantu teman-teman Backpacker Dunia yang akan keliling Asia Tenggara, terutama untuk yang masih SMA atau kuliah yang ingin "menamatkan" rute Asia Tenggara:


Yang terpenting tentukan berapa lama anda akan jalan? Misal 3-4 minggu, kemudian dapatkan dulu tiket pesawatnya, check website beberapa maskapai low cost carrier:

www.airasia.com

www.tigerairways.com

www.lionair.co.id

www.jetstar.com

www.cebupacificair.com


ITINERARY:

Itinenary bisa dibolak-balik, tergantung anda dapat tiket murahnya darimana dulu. Asumsinya berangkat/masuk via Singapore dan pulang via Ho Chi Minh City.



Contoh rute 5 negara di Asia Tenggara adalah Singapore-Malaysia-Thailand-Cambodia-Vietnam dengan detil itinerary:


Indonesia-Singapore-Johor Bahru-Mallaca-Kuala Lumpur-Penang-Hatyai-Phuket-Bangkok-Siem Reap-Phnom Penh-Ho Chi Minh City.




AKOMODASI

silahkan cek www.hostelworld.com atau www.hostelbookers.com


Untuk  penginapan di Asia Tenggara umumnya bisa go show/langsung datang saja ke hostel/guest house. Jika tidak peak season akan lebih mudah mendapat kamar. Jika langsung datang ke hostel memang agak mahal sedikit harga kamarnya dibandingkan booking kamar terlebih dahulu. harga kamar Dormitory (Sekamar tidur ramai-ramai seperti kamar asrama) tergantung negaranya:



Singapore berkisar Rp 75.000-300.000/malam

Malaysia Rp 30.000-90.000/malam

Thailand Rp 45.000-90.000/malam

Cambodia Rp 30.000-50.000/malam

Vietnam Rp 40.000-50.0000/malam


KONSUMSI

biaya sekali makan sekitar Rp 15.000/porsi, kecuali Singapore minim Rp 20.000/porsi. Untuk mengirit, beli roti atau bawa mie instant.


TRANSPORTASI antarnegara by BUS:

(tolong diupdate ya teman-teman)

Singapore-Johor Bahru $Sin 2-3 Lama perjalanan 40-60 menit

Johor Bahru-Mallaca RM 15-20 Lama perjalanan 1-2 jam

Mallaca-Kuala Lumpur RM 10-12,5 Lama perjalanan 3 jam

Kuala Lumpur-Penang RM 30-40 Lama perjalanan 5 jam

Penang-Hatyai RM 30-40 Lama perjalanan 4 jam

Hatyai-Phuket Bath 300-500 (tergantung jenis bus) Lama perjalanan 10-12 jam

Phuket-Bangkok Bath 500-700 (tergantung jenis bus) Lama perjalanan 12 jam

Bangkok-Siem Reap Bath 500 Lama perjalanan 10-12 jam

Siem Reap-Phnom Penh $US 8-10 Lama perjalanan 5 jam

Phnom Penh - Ho Chi Minh City $US 10-12 Lama perjalanan 6 jam.



*Tidak menutup kemungkinan membuat itinerary yang "melompat-lompat" karena bisa saja ada promo tiket maskapai yg murah, misal

dari Singapore ke Kuala Lumpur terbang

dari Kuala Lumpur ke Ho Chi Minh City (HCMC) terbang

lalu dari HCMC ke Bangkok terbang

bebas saja membuat itinerary karena tidak menutup kemungkinan ada promo tiket di rute-rute tersebut.


Kelima negara yang anda lalui tsb TIDAK memerlukan visa bagi WNI.

Tapi hati-hati di perbatasan Thailand-Cambodia biasanya turis dipalak $1-2 oleh petugas imigrasi Cambodia.


Untuk pulang: anda bisa cek penerbangan Ho Chi Minh City-Singapore-Jakarta by www.tigerairways.com atau www.jetstar.com karena Air Asia langsung dari HCMC ke Jakarta sepertinya akan ditutup.


Perkiraan biaya:

Dari perjalanan beberapa teman tahun lalu, untuk 2-3 minggu perjalanan menghabiskan biaya total Rp 4-5 juta (sudah termasuk tiket pesawat, akomodasi, konsumsi, transportasi lokal--dengan catatan harus benar-benar berhemat). Jika tidak ingin terlalu mengencangkan ikat pinggang, bawa dana lebih atau ATM/kartu kredit untuk cadangan.



** Contoh Rute 11 hari:
Seorang member BD meminta dibuatkan contoh itinerary karena waktunya terbatas hanya 11 hari, namun ia ingin jalan dari Singapore hingga Vietnam. Perjalanannya jadi tergesa-gesa, tapi tetap mungkin dilakukan.

Ini contoh perjalanan dari Jakarta-Singapore dan Ho Chi Minh City (Vietnam) ke Singapore -- perjalanan 11 hari, terbang dengan www.tigerairways.com atau www.jetstar.com


H1 - Terbang ke Spore-isi formulir imigrasi yang dibagikan di pesawat, termasuk isi pula alamat hostel bisa ambil alamat dan no telpon hotel di www.hostelworld.com Jangan dikosongi formulirnya supaya tidak diinterogasi.


sebelum antri clear imigrasi di Changi airport, ambil PETA Spore di Changi airport. lalu check in hotel, ambil hotel di Bugis Area paling gampang. Dari Changi airport cuma naik sekali kereta/MRT jalur hijau turun di Bugis Station. Kalau masih bingung beli tiketnya langsung ke loket. Siapkan uang $Sin dalam pecahan kecil, misal $Sin 10 (beli di money changer di Indonesia dalam pecahan kecil saja).


check in hostel di sekitar Bugis area bisa dicek di www.hostelworld.com atau di Little India juga murah. Line MRT bisa dipelajari di www.visitsingapore.com Setelah check in hostel, muter2 Spore: Orchard, Little India, Bugis.


H2- Muter2 Spore (Marina Bay--patung Singa Merlion, China Town, Sentosa island/Universal Studio buat foto2). jangan lupa pagi langsung check out dan titip tas di receptionist hostel kalau tasnya besar.


sore jam 15 langsung naik bus ke Larkin Terminal Johor Bahru dari terminal di Queen/Lavender Street Spore (di dekat Bugis Area). Dari Larkin terminal nyambung bus ke KL. Tiba di KL Malam. Nginap/check in hostel di Alor street/depan Terminal Pudu Raya/China Town di Petaling Street. Lalu muter2 Petaling Street, Central Market, makan malam di Alor Street, jalan2 Bukit Bintang sampai malam.


H3: Muter2 dengan bus gratis keliling KL. coba cek soal bus gratis di di sekitar stasiun Pasar Seni depan Central Market. or naik kereta LRT dari Pasar Seni ke Twin Tower, Masjid Jamek, dll.Tengah malam, naik bus ke Penang (cek di terminal Pudu Raya). Usahakan berangkat tengah malam pukul 23.00 atau 24.00 supaya tiba di Penang jam 5 atau 6 pagi. Cuci muka, sikat gigi di terminal bus, titip tas di terminal bus.


H4: Muter2 Penang. Siang jam 13 naik mini van ke Hadyai. 4 jam perjalanan Penang-Hadyai, tiba di Hadyai jam 17. Jam 18.00 segera naik bus ke Bangkok.


H5: Jam 6 pagi tiba di Bangkok. Biasanya bus berhenti di Southern Terminal. Check in hostel di Khaosan Road. Dari Terminal Southern naik bus nomor 55 ke Banglampoo. Lalu jalan sedikir ke Khaosan Road.

Hari ini anda bisa muter2 Bangkok dengan naik tuk tuk, biasanya ditawari keliling 3-4 tempat dan hanya bayar Bath 30-50 (Rp 9.000-15.000) dan anda akan dibawa muter2 termasuk ke toko perhiasan. Lihat2 saja di toko tersebut no problem.


Usahakan jam 9 sudah diantar sopir tuk tuk ke Standing Buddha, Wat Bencha, Buddha Golden Mountain, toko perhiasan, dan tiba di Grand Palace jam 13. Sebelum masuk Grand Palace makan siang dulu di depan Grand Palace, lalu masuk Grand Palace (bayar agak mahal tiketnya) sampai jam 16.00.

Keluar dari Grand Palace jalan kaki ke belakang ke Wat Pho hingga jam 17.00. Setelah itu bisa nyebrang ke Wat Arun, cari jalan ke Pier/dermaga depan Grand Palace tanya orang ya. Setelah dari Wat Arun, pulang ke Khaosan Road jalan kaki juga bisa atau naik taksi krn naik tuk tuk pasti tidak murah lagi harganya krn anda tidak dibawa ke toko perhiasan malam2. Lalu beli tiket bus/minivan di travel agent di Khaosan Road untuk ke Siem Reap keesokan hari.


H6: Pagi dari Khaosan Road naik bus/minivan ke Siem Reap (Cambodia). Berangkat pagi-pagi, tiba sore di Siem Reap. Ikuti saja rombongan backpacker yang satu kendaraan dengan anda. Nginap di dekat Old Market ada guest house murah $US 3-5/bed/night.


H7: Keliling Angkor Wat sejak subuh, minta dijemput tuk tuk di hostel. carter tuk tuk $US 15 (patungan sama teman sekamar misalnya) atau sewa sepeda $US 3. Jangan lupa beli tiket bus Siem Reap-Phnom Penh. Menginap lagi di Sieam Reap.


H8: Pagi2 naik bus ke Phnom Penh. Muter2 Phnom Penh: The Royal Palace, Penjara Toul Sleng, atau bisa mampir ke Warung Bali di gang sebelah kiri The Royal Palace (anda menghadap ke arah sungai Mekong/Tonle Sap, gangnya di sebelah kiri).


H9: Naik bus pagi-pagi dari Phnom Penh ke Ho Chi Minh City/HCMC (Vietnam). Tiba di HCMC sore: nginap di Bui Vien/De Tham/Pham Ngu Lao Street. Jalan kaki muter2 HCMC ke Benh Tanh Market, Catedral, City Hall, dll.


H10: ambil tour di travel agent (yang bagus: Sihn Tourist) "Cao Dai Temple dan Cu Chi Tunnel", maybe sekarang harganya $US 13 seharian. Daftar malam sebelumnya saat tiba di HCMC. Pagi jam 07.00 diminta ngumpul ke agent. Sampai sore. Jalan2 muter2 HCMC lagi.


H11: pagi-pagi ke bandara HCMC bisa naik bus hijau 152 yang lewat De Tham Street atau ke terminalnya di seberang Benh Tanh Market. Jangan terlambat tiba di bandara, 3 jam sebelum take off sudah tiba di bandara ya. Atau kalau ribet dan masih ada uang ya naik taxi krn bandaranya nggak terlalu jauh dari district 1. Tiba di Spore, lalu segera check in ke penerbangan berikut.



** Contoh lain rute 10 hari:

Sekedar saran:


H1.Tiba di Ho Chi Minh City (HCMC) - naik taxi ke district 1 backpacker area (BuiVien street atau Pham Ngu Lao street). ambil taxinya setelah tukar $ ke Dong VND. jalan dikit ke sebelah kanan ke depan Terminal Domestik. Ambil taxi di sana lebih murah. setelah itu jalan kaki putar2 kota keBenh Tanh Market.


H2.Mekong Delta Trip (ikut travel agent lokal yang banyak di backpacker areadistrict 1, misal yang bagus Sihn Tourist di De Tham Street dekat dengan BuiVien Street--harga tour sekitar $US 10-12 dari pukul 08.00-17.00, daftar malamsebelumnya).


H3.Cao Dai Temple & Cu Chi Tunnel (daftar malam sebelumnya harga tour$US10-12, tiket masuk Cu Chi Tunnel bayar sendiri).


H4.Ke Muine by bus pukul 08.00 beli tiket sekitar $US 10-12, tiba pukul 14.00.langsung sewa jeep patungan dengan teman satu bus. dulu th 2009 satu jeepseharga $US 20, mungkin sekarang $US 30-40 untuk 4 orang? tolong diupdate.Sunset di Red sanddune. Google foto padang pasir Muine jika tertarik.


H5.Kembali ke HCMC--sore - malam jalan2 beli oleh2.


H6.HCMC-Phnom Penh by bus. Tiba sore, menginap di Sisowath Preah Road atau yangngetop disebut Riverside.


H7.Ke Killing field Choeng Ex, penjara Toul Sleng dan the Royal Palace. Janganlupa mampir di Warung Bali, gangnya di sebelah kiri Royal Palace jika andamenghadap ke sungai Mekong/Tonle Sap. Malam hari naik bus ke Siem Reap. Tibadini hari, ambil tuk tuk menginap di dekat Old Market


H8.Keliling Angkor Wat.


H9. Siem-Reap ke Bangkok. Tiba sore. Menginap di KhaosanRoad.


H10. Keliling Bangkok pagi-siang, naik tuk tuk dari Khaosan ke Standing Buddha,Wat Bencha, Buddha Golden Mountain, berakhir di Grand Palace. Sore-malamlangsung kembali ke airport pulang ke Indonesia.

** Contoh lain itinerary 10 hari:


H1 Tiba di Singapore - muter2 Spore: Orchard, Merlion, China Town.


H2 Muter2 Singapore bisa cek www.visitsingapore.com : Bugis, Little India, Sentosa island.


H3 Singapore by bus ke terminal Larkin Johor Bahru. Lanjut ke Malacca. Muter2 Malacca.


H4 Malacca - Kuala Lumpur by bus, muter2 KL.


H5 muter2 KL


H6 KL-Penang by bus. Muter2 Penang.


H7 Penang by minivan ke Hatyai, lalu sambung ke Krabi.


H8 muter2 Krabi, lanjut ke Phuket.


H9 muter2 Phuket


H10 Phuket-Jakarta by Air Asia.



-Akomodasi di KL, coba cek www.anjungkl.com di dekat pusat jajanan malam Jalan Alor. kalo penuh, di sebelah kiri Anjung KL ada Tropical Guest House yang murah banget. sepanjang jalan Alor juga banyak guest house murah. ke Bukit Bintang tinggal jalan kaki. ke Pudu Raya juga masih ok jalan kaki. Di depan Terminal Pudu Raya juga ada bbrp hostel.


Begitu juga di sekitar Petaling Street/China Town, bisa dicek di www.hostelworld.com print saja hotel2 yang ditaksir, lalu datangi. Kalau sendirian, lebih murah menginap di dormitory room, sekamar tidur rame-rame, harganya berkisar RM 10-15 (Rp 35.000-50.000)/bed/malam. Barang berharga masukkan locker.kalau persis di Jalan Bukit Bintangnya lebih banyak hotel berbintang, kalau kelas hostel/guest house ya letaknya di belakang jalan Bukit Bintang itu, seperti di Alor dll.Akomodasi di Singapore cek www.hostelworld.com cari di kawasan Bugis, Little India atau China Town.


Akomodasi di Bangkok, lebih baik di backpacker area Khaosan Road krn keperluan anda sebagai backpacker komplet di sana. Bisa langsung datang ke Khaosan Road, tidak perlu khawatir nggak dapat kamar karena ada ratusan hostel/guest house mulai dari harga Bath 150, 200, 300, hingga ribuan Bath juga ada. Bath 1 = Rp 350. cek www.khaosanroad.com


** Contoh rute lagi:


H1 : Dari Indonesia ke di KL, muter2 KL


H2 : Muter-muter KL


H3 : Pagi naik bus 5 jam KL - Penang, tiba siang.


H4 : Muter-muter Penang, siang jam 12 naik minivan ke Hatyai (Thailand). Tiba di Thailand jam 16.00. Lalu cari bus ke Bangkok yang berangkat jam 18.00.


H5: Pagi jam 06.00 tiba di Bangkok, muter-muter Bangkok.


H6: Muter-muter Bangkok


H7: Jika ingin ke Singapore juga, saran: dari Bangkok sebaiknya terbang ke Singapore (cek www.airasia.com atau www.tigerairways.com), karena kalau tidak terbang, anda harus kembali ke selatan naik bus 1,5-2 hari hanya di dalam bus.


H8: Muter-muter Singapore, sore ke Johor Bahru, lanjut ke Malacca.


H9: Muter-muter Malacca, lalu sore naik bus 2 jam kembali ke KL.


H10: Pulang via KL.




salam,

Elok Dyah Messwati
https://www.facebook.com/elok.dyah

No comments:

Kedung Pedut & Kebun Teh Samigaluh

  Video by Adib Aunillah Fasya